MBKM
Program Studi Sastra Inggris telah berpartisipasi dalam Program Mobilitas Internal (antar Prodi di Universitas) dan Eksternal (antar Universitas)—MBKM— yang digagas oleh Kemdikbudrisktek. Kedua program tersebut diimplementasikan di Semester Lima dan Enam dalam Kurikulum OBE 2021 Prodi Sastra Inggris. Mata kuliah yang dirancang di semester tersebut merupakan mata kuliah pengembangan keahlian yang diharapkan dapat mendukung kompetensi utama yang telah ditetapkan dalam kurikulum prodi.
Untuk program MBKM Eksternal, mahasiswa dapat memilih mata kuliah di Universitas lain yang dapat mendukung minat dan keahliannya sehingga dapat meningkatkan kompetensi utama yang telah dipelajari di prodi. Program MBKM Eskternal lainnya yang diikuti oleh Program Studi Sastra Inggris antara lain: (1) MSIB-Magang dan Studi Independen Bersertifikat-, (2) IISMA–Indonesian International Student Mobility Award-, dan (3) KKN—Kuliah Kerja Nyata.
Selain program eksternal, mata kuliah yang ditetapkan dalam program MBKM Internal dikelompokkan menjadi mata kuliah peminatan/pilihan. Melalui kerangka ini, mahasiswa bisa memilih mata kuliah yang ditawarkan di Kurikulum Prodi yang diselenggarakan di Prodi lain di UNIKOM. Penawaran mata kuliah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi utama mahasiswa Prodi Sastra Inggris. Dengan demikian, kompetensi utama lulusan Prodi Sastra Inggris masih bisa dicapai ketika memilih salah satu dari program MBKM yang ditawarkan.
Peminatan 1 (English for Professional Industry) EfPI adalah peminatan yang secara khusus difokuskan pada pengembangan keterampilan reseptif dan produktif untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dalam konteks industri atau profesional tertentu yang akan digeluti. | ||
Mata Kuliah Pilihan di Semester 5 | Mata Kuliah Pilihan Semester 6 | Pilihan Mata Kuliah Semester 6 untuk Kedua Peminatan |
Kode: 37199 (3 SKS) Pengantar Penerjemahan Karya Sastra Introduction to Literary Translation | Kode: 37201 (3 SKS) Penerjemahan Karya Sastra Literary Translation | Kode: 37069 (3 SKS) Berbicara di Depan Umum Public Speaking |
Kode: 37192 (3 SKS) Penerjemahan Lisan Interpreting | ||
Kode: 37232 (3 SKS) Prinsip dan Metode Pengajaran Teaching Principles and Method | Kode: 37233 (3 SKS) Pengajaran: Manajemen Kelas Teaching: Classroom Management | |
Peminatan 2 (English in Creative Media) (EiCM) adalah peminatan yang secara khusus difokuskan pada pengembangan keterampilan berbahasa Inggris yang terintegrasi dengan pemanfaatan media dalam industri kreatif. Peminatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan keterampilan bahasa inggris yang diperlukan untuk produksi, promosi, dan distribusi karya kreatif. | ||
Mata Kuliah Pilihan Semester 5 | Mata Kuliah Pilihan Semester 6 | Mata Kuliah Semester 6 untuk Kedua Peminatan |
Kode: 37186 (3 SKS) Drama Play | Kode: 37198 (3 SKS) Produksi Sastra Literary Production | Kode: 37069 (3 SKS) Berbicara di Depan Umum Public Speaking |
Kode: (3 SKS) Komunikasi Pemasaran* Marketing Communication
*MBKM Luar Program Studi di dalam Universitas pada Program Studi Ilmu Komunikasi | Kode: 19097 (3 SKS) Animasi dan Multimedia Dasar (3D Lanjut)* Basic Multimedia and Animation (3D Advance)
*MBKM Luar Program Studi di dalam Universitas pada Program Studi Desain Komunikasi Visual | |
Kode: (3 SKS) Interaksi Manusia dan Komputer* Human and Computer Interaction
*MBKM Luar Program Studi di dalam Universitas pada Program Studi Teknik Information |